Cara Memberikan Gradasi Warna Di Inkscape

7:15 AM

Assalamu Alaikum Wr. Wb.
Warna itu sangat oenting bagi karena warna akan menentukan bagus tidaknya sebuah karya, dan pada artikel kali ini saya akan share cara memberikan gradasi warna menggunakan inkscape. 
Untuk menggunakan Gradient tool ( Ctrl + F1 ) pada objek, caranya adalah
1. Buat sebuah objek yang akan di gradasi warnanya
2. Kemudian klik Gradient tool (Ctrl + F1) 
3. Lalu klik objek tersebut mengunakan Gradient tool ( Ctrl + F1 )  dan geser kearah yang kita inginkan, maka hasil gradasinya akan bisa kita lihat. Jika objek tersebut berwarna kuning kita langsung berikan berikan gradasi, maka warna gradasi yang muncul adalah transparent, lihat pada gambar di bawah.

Cara Memberikan Gradasi Pada Inkscape


Dan bagaimana cara untuk memberikan gradasi warna yang berbeda pada Inkscape? Caranya mudah, sama seperti cara memberikan gradasi di atas. Akan muncul 2 titik kotak dan titik linkaran, jika objek seperti gambar di atas titik kotak adalah warna kuning dan titik likaran adalah warna transparan. Jadi jika kita ingin membuat gradasi warna yang berbeda, misalnya warna merah dan ungu. Kita klik titik kotak dan klik warna merah dan klik titik linkaran klik warna ungu. Contohnya lihat pada gambar di bawah.
Cara Memberikan Gradasi Pada Inkscape


Jadi, dalam penggunan Gradient tool ( Ctrl + F1 ) pada objek yang memiliki gradasi akan ada garis gradasi yang memiliki titik untuk mewakili warna gradasi tersebut. Jika kita ingin membuat gradasi lebih dari 2 warna, misalnya 4 warna gradasi dalam 1 objek adalah sangat mudah. Kita hanya perlu letakkan kursor pada garis gradasi hingga muncul symbol “+” dan double klik di sana. Hasilnya, akan muncul titik gradasi baru yang dapat kita berikan warna tambahan.
Cara Memberikan Gradasi Pada Inkscape

Dan untuk cara menghapus titik warna pada garis gradasi, kita dapat double klik titik yang akan kita hapus. Maka akan muncul window Gradient Editor, pada window Gradient Editor kita bisa menambah dan menghapus serta mengedit titik gradasi. Misalnya menghapus titik gradasi, double klik titik gradasi dan klik bombol “Delete Stop”.

Cara Memberikan Gradasi Pada Inkscape

Kamu bisa membuat banyak kreasi unik warna gradasi dengan Gradient tool ( Ctrl + F1 ) pada Inkscape. Baik, sekian pembahasan Cara Memberikan Gradasi Pada Inkscape. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kamu dalam penggunaan software Inkscape. Dan terimakasih telah berkunjung.
Wassalamu Alaikum Wr. Wb. 
Salam Desain
Previous
Next Post »

3 comments